Dasar-dasar SEO dan Search Engine Marketing

/
0 Comments

Kamis ini, tanggal 26 Oktober 2017 saya mengikuti kuliah tamu dengan nara sumber Bapak Asrul Tsani. Beliau berasal dari Banyuwangi. Dan saat ini beli merupakan Presiden dari Online Marketer Group Indonesia, Ranger Komunitas Bukalapak Malang, dan Trainer Gapura Digital (Google Partner). Dengan tema tentang dasar-dasar Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM), berikut rangkumannya.


·      Sejarah Mesin Pencari

Saat awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama “archive” kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari katatanpa menggunakan huruf “v”. Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian. Dalam perkembangannya, mesin pencari telah menggunakan program komputer yang sangat canggih untuk menampilkan pencarian pada halaman web.

·      Fungsi mesin pencari

Mesin pencari penting untuk mendapatkan pengunjung potensial yang akan  menjadi calon customer anda.

·      Mesin Pencari dan Iklan Digital di Indonesia

Mesin pencari menjadi strategi yang tepat untukiklan digital bisnis Anda.

Biaya yang dikeluarkan untuk iklan di mesin pencari yaitu 44% dari total biaya yang dihabiskan untuk iklan digital di Indonesia.
·      Bagaimana mesin pencari bekerja?
1.    Crawling (penelusuran)
Search engine menjelajahi triliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web dengan bantuan sebuah program yang dinamakan bots (robot), robot atau crawler.
2.    Indexing (pengindeksan)
Search engine menggunakan indeks sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada laman hasil penelusuran.
3.    Ranking (peringkat)
Search engine memberi nilali pada tiap data sesuai rumusnya masing-masing untuk menentukan dokumen yang relevan dengan yang dicari oleh pengguna.

·      Bagaimana Anda ingin memastikan rumah bisnis Anda muncul dalam hasil mesin pencari?

Mesin pencari memahami apa yang ada di halaman web melalui kode HTML.

Bagian kode HTML untuk mengoptimalkan situs Anda:
1.    Judul Halaman
Gunakan sistem manajemen konten untuk mendapatkan judul yang tepat agar dapat membantu mesin pencari melakukan indeks yang tepat sehingga dapat muncul di hasil pencarian. Judul halaman minimal 60 karakter.
2.    Teks Halaman
Pikirkan tetang siapa yang ingin mengunjungi halaman Anda dan apa kata-kata yang mereka gunakan untuk menggambarkan produk dan jasa Anda.
3.    Gambar Halaman
Berikan nama deskriptif untuk menggmbarkan apa yang di dalam gamabar untuk membantu mesin pencari untuk memahami tentang suatu halaman.

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari.

Tujuan dasar dari SEO sendiri adalah untuk mendapatkan ranking atau peringkat pada mesin pencari. Sedangkan, tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan trafik untuk halaman web kita. Manfaat SEO adalah konversi. Keuntungan SEO adalah mendapatkan benefit.

Langkah membangun perencanaan SEO untuk membuat situs anda marik di mesin pencari:
1.    Riset kata kunci
2.    Pertimbangkan topik terkait
3.    Refresh sesuai perubahan yang terjadi dalam mesin pencari




Dokumentasi






You may also like

No comments :