Dasar-dasar SEO dan Search Engine Marketing
/
0
Comments

Kamis ini, tanggal 26 Oktober 2017 saya
mengikuti kuliah tamu dengan nara sumber Bapak Asrul Tsani. Beliau berasal dari
Banyuwangi. Dan saat ini beli merupakan Presiden dari Online Marketer Group
Indonesia, Ranger Komunitas Bukalapak Malang, dan Trainer Gapura Digital
(Google Partner). Dengan tema tentang dasar-dasar Search Engine Optimization
(SEO) dan Search Engine Marketing (SEM), berikut rangkumannya.
·
Sejarah Mesin Pencari
Saat awal perkembangan
internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs
web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat
sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin banyaknya situs web
yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh
manusia. Utilitas pencari yang pertama “archive” kali digunakan untuk melakukan
pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari katatanpa menggunakan
huruf “v”. Archie dibuat tahun 1990
oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa
ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut
adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp
publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan
pencarian. Dalam perkembangannya, mesin pencari telah menggunakan program
komputer yang sangat canggih untuk menampilkan pencarian pada halaman web.
·
Fungsi mesin pencari
Mesin
pencari penting untuk mendapatkan pengunjung potensial yang akan menjadi calon customer anda.
·
Mesin Pencari dan Iklan Digital di
Indonesia
Mesin pencari menjadi strategi yang tepat
untukiklan digital bisnis Anda.
Biaya yang dikeluarkan untuk iklan di mesin pencari yaitu
44% dari total biaya yang dihabiskan untuk iklan digital di Indonesia.
·
Bagaimana mesin pencari bekerja?
1. Crawling
(penelusuran)
Search engine menjelajahi triliunan
halaman dan dokumen yang ada pada world wide web dengan bantuan sebuah program
yang dinamakan bots (robot), robot atau crawler.
2. Indexing
(pengindeksan)
Search engine menggunakan indeks
sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada laman hasil penelusuran.
3. Ranking
(peringkat)
Search engine memberi nilali pada tiap
data sesuai rumusnya masing-masing untuk menentukan dokumen yang relevan dengan
yang dicari oleh pengguna.
·
Bagaimana Anda ingin memastikan rumah
bisnis Anda muncul dalam hasil mesin pencari?
Mesin pencari memahami apa
yang ada di halaman web melalui kode HTML.
Bagian kode HTML untuk mengoptimalkan
situs Anda:
1. Judul
Halaman
Gunakan sistem manajemen konten untuk
mendapatkan judul yang tepat agar dapat membantu mesin pencari melakukan indeks
yang tepat sehingga dapat muncul di hasil pencarian. Judul halaman minimal 60
karakter.
2. Teks
Halaman
Pikirkan tetang siapa yang ingin mengunjungi
halaman Anda dan apa kata-kata yang mereka gunakan untuk menggambarkan produk
dan jasa Anda.
3. Gambar
Halaman
Berikan nama deskriptif untuk
menggmbarkan apa yang di dalam gamabar untuk membantu mesin pencari untuk
memahami tentang suatu halaman.
Search Engine Optimization (SEO) adalah
suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau
sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari.
Tujuan dasar dari SEO sendiri adalah
untuk mendapatkan ranking atau peringkat pada mesin pencari. Sedangkan, tujuan
utama SEO adalah untuk meningkatkan trafik untuk halaman web kita. Manfaat SEO
adalah konversi. Keuntungan SEO adalah mendapatkan benefit.
Langkah membangun perencanaan SEO untuk
membuat situs anda marik di mesin pencari:
1. Riset
kata kunci
2. Pertimbangkan
topik terkait
3. Refresh
sesuai perubahan yang terjadi dalam mesin pencari
Dokumentasi

