Konstruksi SEO Untuk Web
/
0
Comments
Hari ini, saya mengikuti seminar SEO yang diadakan oleh kampus saya. Dengan pemateri Bapak Dedy Fajar. Berikut saya sampaikan beberapa poin penting dari seminar tersebut.
SEO atau bahasa Indonesia-nya Opimitisasi Mesin Pencarian adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Pilar-pilar SEO:
- Konstruksi web (HTML & CSS)
- Metadata / Meta-tag
- Kata kunci
- Optimasi menggunakan web master, add url dan back link
Manfaat metode SEO:
- Menjadikan web page nomor 1 di search engine seperti google, yahoo dan bing.
- Menguatkan asset digital, seperti menjaga keamanan website.
- Pemasaran dan publikasi.
Menurut Robbytul Maulana, seorang mahasiswa dari UMM, SEO
berkaitan dengan personal branding untuk menjadikan web menjadi nomor 1 di
search engine.
SEO process:
- Website analysis
Diutamakan menggunakan CSS, karena jika
menggunakan HTML terlalu panjang web akan terasa lemot. Dan ranking web kita
akan turun.
- Client requirements
Apa yang diinginkan oleh client harus
diutamakan.
- Keyword research
Meneliti harus memakai kata kunci untuk
menjadikan web nomor 1.
- Content writing
Berkaitan dengan artikel, namun tidak
melulu artikel, bisa juga berupa foto, video dll. Dalam membuat artikel yang
bagus ada ketentuannya: min. 300 kata, 1 foto, 2 link – 1 link ke dalam web sendiri,
1 link lagi ke web lain.
- Website optimation
- Konstruksi meta didalam web : untuk melihat
metadata hanya bisa dilakukan di firefox caranya, klik kananà view page info
- Konstruksi meta di HTML
- SEO submission
- Link Building
·
Inbond : link ke web sendiri
·
Outbond : link ke web lain
·
Backlink : dari web lain nge-link ke web kita
·
Antara inbond dan outbond harus seimbang. Untuk
backlink bisa sebanyak-banyaknya.
- Reporting
Memberikan laporan untuk diri sendiri,
misal : hari ini sudah mengerjakan backlink sebanyak 500 kali.
Pendukung SEO
1.
Social media : setiap caption diberi link menuju ke web kita
2.
Backlink
3.
Optimasi : mengenalkan link ke Search Engine
dengan cara copy paste link di Search Engine sehari sekali.
Agar web kita menjadi nomor satu di Search Engine
1.
Rajin update artikel
2.
Backlink diperbanyak
3.
Setiap link artikel dikenalkan ke Search Engine
4.
Kata kunci koma spasi (contoh : membuat kue
nastar, resep kue nastar)
Cara mencari kata kunci popular dengan menggunakan Uber Suggest.
Beberapa pertanyaan yang diajukan:
1.
Domain gratisan seperti blogspot apakah bisa
di-SEO-kan?
Jawab:
apapun yang mempunyai link bisa di-SEO-kan.
2.
Meta yang tidak tertata rapi, solusinya seperti
apa?



